papua

Papua merupakan pulau dengan luas wilayah 808.105 Km persegi yang menjadikannya pulau terluas di Indonesia. Pulau yang dahulu akrab dengan nama Irian Jaya ini berbagi wilayah dengan Papua Nugini. Pusat pemerintahannya atau ibukotanya berada di Jayapura dengan jumlah penduduk lebih dari 3 juta jiwa.

papua

Seluk beluk mengenai Papua di Indonesia

Sebagian besar penduduk asli pulau ini merupakan keturunan asli dari Suku Amungme, Dani, Arfak, Yali, Damal, Asmat  dan lainnya. Sementara 23,70% adalah pendatang baru yang berasal dari berbagai kawasan termasuk Suku Jawa, Bugis, Melayu, Batak, Makassar dan lainnya.

 Agama utama yang dianut masyarakat adalah Kristen Protestan. Dan meskipun memiliki 268 bahasa daerah, bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan di pulau ini. Tapi tidak sedikit pula penduduk lokal yang mahir berbahasa Inggris.

Sejak dahulu, Papua Indonesia sudah dikenal sebagai kawasan paling timur milik Indonesia yang memiliki beragam potensi alam.  Hampir sebagian besar pulau dipenuhi oleh hutan belantara. Untuk melihat pulau ini dengan lebih menyeluruh, naiklah ke Puncak Jaya suatu kawasan tertinggi di pulau.

Hingga saat ini potensi kekayaan alam pulau masih dipegang dan dikuasai sepenuhnya oleh tambang Freeport. Selain kaya akan logamnya, ada banyak potensi pariwisata dan tradisi yang membuat pulau ini dilirik wisatawan.

Seperti Taman Nasional Wasur, Puncak Mandala, Lembah Baliem, Raja Ampat, Desa Suwandarek dan Teluk Cendrawasih. Cendrawasih mati-kawat merupakan salah satu fauna endemi di pulau ini  selain Burung Mambruk.

Sementara di bagian barat pulau yakni Papua Barat kita bisa melihat fauna endemi yang tidak kalah indahnya yaitu Cendrawasih Merah. Objek menarik lainnya tentu saja Raja Ampat yang berhasil membuka gerbang pariwisata skala internasional. Keindahan biota laut dan terumbu karang Raja Ampat sukses mengantarkan pulau ini sebagai tujuan wisata terfavorit di Indonesia maupun mancanegara.

Hal unik lainnya yang bisa ditemukan dari pulau bagian timur Indonesia ini adalah pisau belati yang dibuat dari tulang kaki dan bulu burung kasuari. Ada juga tifa yang dikenal sebagai alat musik tradisional, sementara makanan khas yang sangat populer adalah papeda yang dibuat dari tepung sagu.

[display-posts category=”papua”]