jawa Panduan traveling Tempat makan

Jajanan Khas Solo ini Ramai Diburu Wisatawan

Bagikan artikel ini:

Sebagai salah satu destinasi wisata yang ada Jawa Tengah, kota Solo memiliki berbagai macam tempat wisata yang menarik yang bisa dikunjungi. Tapi selain itu, Solo juga terkenal dengan jajanannya yang khas. Berikut ini adalah jajanan khas Solo ramai diburu.

8 jajanan khas Solo ramai diburu wisatawan

Abon Mesran

Jika abon pada umumnya terbuat dari daging sapi, maka lain halnya dengan abon Mesran ini yang tidak hanya terbuat dari daging sapi melainkan daging ayam juga. Varian rasanya pun ada manis dan pedas yang bisa dipilih sesuai selera. Kisaran harganya mulai dari Rp 40.000 – Rp. 70.000 sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Kalau ingin beli yang original bisa langsung saja datang ke toko abon Mesran di Jalan Kalilarangan No 71, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta. Nama Mesran sendiri diambil dari nama pemilik toko tersebut.

Baca juga: Macam macam cemilan khas solo untuk buah tangan

Balung Kethek

jajanan khas Solo ramai diburu.

Anda pasti merasa takut untuk membeli jajanan khas Solo Jawa Tengah ini jika mengetahui artinya dalam Bahasa Indonesia. Dalam Bahasa Indonesia, Balung Kethek berarti tulang monyet, namun jajanan ini bukan berarti memang terbuat dari tulang monyet, namun terbuat dari keripik singkong yang memiliki banyak varian rasa.

Mulai dari balado, manis, gurih, pedas, keju, jagung manis, hingga rasa ayam bakar tersedia untuk jajanan ini. Karena bahan utamanya adalah keripik singkong maka sudah pasti memiliki tekstur yang renyah dan gurih. Balung Kethek dijual dengan kisaran harga Rp 8.000 – Rp 30.000 tergantung ukuran yang Anda inginkan.

Serundeng

jajanan khas Solo ramai diburu.

Jika tadi ada abon, maka selanjutnya ada serundeng yang hampir mirip dengan abon. Perbedaannya selain menggunakan daging sapi, serundeng diberi campuran parutan kelapa, kemudian dimasak menjadi satu hingga kering. Seperti serundeng pada umumnya, rasa yang ditawarkan adalah pedas atau manis. Makanan ini bisa ditemui di pusat oleh-oleh Solo terdekat dengan harga Rp 20.000-an.

Brem Solo

Jajanan khas Solo selanjutnya adalah brem. Brem merupakan jajanan tradisional khas Solo yang cocok untuk oleh-oleh. Jajanan ini sangat mudah ditemui di setiap tempat wisata atau pusat oleh-oleh. Hadir dengan warna putih dan varian ukuran dan bentuk yang berbeda-beda. Harganya dibanderol mulai Rp 11.000-an saja.

Sosis Solo

Dari namanya, pasti sudah mengira bahwa makanan ini berasal dari kota asalnya yaitu Solo. Jajanan ini terbuat dari daging sapi atau ayam yang digiling kemudian dibungkus dengan lembaran telur dadar. Anda bisa memilih sosis solo kering yang digoreng atau basah yang dikukus, keduanya tetap sama-sama enak. Sosis solo ini biasa dijual dipinggir jalan dengan kisaran harga Rp 3.000 saja.

Rengginang

Jika ada jajanan khas Solo bernama intip, rengginang juga hampir sama dengan jajanan tersebut. Perbedaannya hanya pada ukuran dan rasanya saja. Rengginang umumnya jauh lebih kecil daripada intip. Rasanya juga gurih dan asin jika dibandingkan dengan intip, jadi jajanan ini akan sangat cocok untuk Anda yang menyukai rasa gurih daripada manis. Rengginang ini juga bisa Anda beli dalam kondisi masih mentah atau sudah matang. Kisaran harganya mulai dari Rp 11.000-an.

Roti Kecik Ganep

jajanan khas Solo ramai diburu.

Selanjutnya ada jajanan khas Solo bernama roti kecik ganep. Jajanan ini merupakan roti dengan bahan dasar tepung ketan. Memiliki rasa yang gurih dan manis menjadikan oleh-oleh ini banyak diburu wisatawan. Selain itu juga dapat bertahan lama. Roti kecik ganep ini bisa ditemukan di tempat oleh-oleh Solo terdekat yaitu Toko Roti Ganep yang sudah ada sejak tahun 1881. Alamatnya ada di Jalan Jl. Sutan Syahrir No 176. Harga rotinya sendiri mulai dari Rp 13.000 untuk 90 gramnya.

Mata Maling

jajanan khas Solo ramai diburu.

Mata maling dalam bahasa Indonesia berarti mata penculik, namun tenang saja makanan ini terbuat dari kulit melinjo dengan rasa pedas manis yang khas. Proses pembuatannya adalah dengan digoreng dan diberi campuran bumbu seperti gula, cabai dan bumbu rempah lainnya. Harganya sangat murah yaitu Rp 10.000 saja. Anda bisa banyak menemukan jajanan ini di area Pasar Gede Solo.

Demikianlah, 8 jajanan khas Solo ramai diburu oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Kota Solo. Sebelum pulang dari Solo, jangan lupa bawa oleh-oleh aneka macam ini ya.

Bagikan artikel ini:

Write A Comment