jawa Panduan traveling Tempat makan

Jajanan Khas Solo yang cocok untuk oleh oleh keluarga

Kota Solo sangat terkenal dengan batiknya sebagai oleh-oleh yang cocok untuk keluarga. Banyak sekali batik khas Solo yang berkualitas dan memiliki corak yang bagus. Namun, tidak hanya itu, ternyata Solo memiliki banyak sekali makanan atau jajanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh. Nah apa sajakah jajanan khas kota Solo?

Artikel menarik lain nya: cemilan khas solo cocok untuk buah tangan

Ini dia rekomendasi jajanan khas Solo murah meriah

Klengkam

jajanan khas solo

Sepertinya Solo memang kota yang menyukai jajanan atau camilan dengan cita rasa pedas dan manis. Salah satu contohnya adalah klengkam. Camilan yang satu ini terbuat dari kentang goreng yang diiris tipis menyerupai keripik kentang. Setelah digoreng hingga renyah, kemudian dicampur dengan bumbu rempah yang manis dan pedas. Klengkam ini cocok dimakan sebagai camilan atau menggunakan nasi hangat juga sangat cocok. Harga yang ditawarkan adalah sekitar Rp 20.000-an saja.

Carang Gesing

jajanan khas solo jawa tengah

Oleh-oleh khas Solo selanjutnya adalah carang gesing. Camilan yang satu ini berbahan dasar dari pisang yang dikukus, kemudian dicampur dengan santan dan gula. Karena menggunakan santan dan gula, maka rasanya pun manis dan gurih. Carang gesing ini dibungkus menggunakan daun pisang yang semakin menambah cita rasanya. Harganya juga sangat murah yaitu Rp 5.500 saja dan bisa ditemukan di daerah Sriwedari, Solo.

Onde-onde

Jajanan khas Solo Jawa Tengah yang juga menjadi incaran para wisatawan adalah onde-onde. Onde-onde ini banyak dijual di pusat oleh-oleh atau di pasar tradisional. Selain itu, onde-onde juga sudah mengikuti trend kue kekinian dengan banyak varian rasa. Harganya mulai dari Rp 20.000-an per kotak.

Getuk lindri

jajanan khas solo

Getuk lindri merupakan makanan khas dari Kota Solo yang memiliki keunikan dari warnanya. Bahan utamanya terbuat dari singkong yang dihaluskan kemudian dikukus. Penyajiannya ditaburi parutan kelapa, yang membuat makanan ini gurih dan manis. Makanan ini bisa ditemui di pasar tradisional dengan harga Rp 5.000 saja.

Aneka jenang

jajanan khas solo

Jajanan jenang sepertinya menjadi makanan yang selalu ada di setiap daerah. Tidak terkecuali dengan Kota Solo. Di kota Solo jenang biasanya tidak hanya sebagai oleh-oleh saja, melainkan juga untuk kegiatan upacara tradisional atau memperingati suatu acara. Jenang dalam Bahasa Indonesia bisa dikatakan sebagai bubur. Jadi memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang gurih dan manis. Jenang ini biasanya ditemukan di pasar-pasar tradisional dengan harga mulai dari Rp 5.000 saja. Aneka jenang yang ditawarkan mulai dari jenang grendul, jenang sum-sum, jenang Mutiara, jenang pathi dan jenang ketan ireng.

Kue leker

jajanan khas solo

Jajanan selanjutnya khas Solo adalah kue leker. Jajanan ini mudah ditemui di pinggir jalan seperti di pasar atau bahkan di depan sekolah. Di Solo sendiri jajanan ini bisa ditemukan di kios sekitar daerah Serabi Notosuman atau pedagang di daerah keraton yang berjualan secara keliling. Jajan ini memiliki tekstur yang renyah karena bentuknya yang tipis. Selain itu yang membuat rasanya enak adalah aneka topingnya, mulai dari coklat, gula, madu, keju hingga pisang. Harganya sangat terjangkau yaitu Rp 3.000 saja per biji.

Kerupuk karak

jajanan khas solo

Karak dalam Bahasa Indonesia berarti nasi yang kering. Jadi karak merupakan kerupuk dengan bahan dasar nasi kering yang dihancurkan. Proses pembuatannya, kerupuk dikukus dengan bumbu dan bawah putih, kemudian dihaluskan dan dipotong kemudian dikeringkan agar bisa digoreng. Kerupuk ini juga bisa dijadikan sampingan untuk makan berat. Harganya mulai dari Rp 13.000 per kilonya.

Solo Pluffy

Selain roti mandarin, juga ada roti bernama Solo Pluffy. Roti ini termasuk ke dalam roti kekinian yang sedang hits di kota Solo. Kue ini memiliki varian rasa yang banyak yang juga sekarang sedang menjadi trend di kalangan anak muda. Sehingga jajanan ini akan sangat cocok untuk Anda yang menyukai rasa manis. Harga kue khas Solo ini mulai Rp 46.000 sampai Rp 65.000 saja. Anda bisa menemukan toko Solo Pluffy di Jalan Ronggowarsito No.145, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

Nah, sekarang kamu sudah tahu beberapa jajanan khas Solo yang bisa Anda jumpai ketika pergi berkunjung ke kota batik dan bisa kamu jadikan oleh-oleh ya. Selamat menikmati.

Write A Comment