jawa Panduan traveling Tempat makan

Jajanan Khas Solo Jawa Tengah yang Melegenda

Jika sedang pergi berwisata ke Kota Solo, yang selalu teringat adalah jajanan khas Solo Jawa Tengah. Selain terkenal dengan batik dan keraton Solonya, Solo juga terkenal dengan jajanan atau oleh-olehnya. Sehingga tidak bisa dipungkiri para wisatawan yang pergi ke Solo akan dibingungkan dengan banyaknya pilihan oleh-oleh yang bisa dibawa pulang. Lalu apa sajakah oleh-oleh khas Solo yang paling melegenda?

Baca juga : Cemilan khas solo untuk buah tangan

Cek yuk apa saja jajanan khas Solo Jawa Tengah di sini!

Intip

jajanan khas solo

Makanan yang satu ini lebih cocok disebut dengan jajanan karena rasanya yang manis. Dinamakan intip karena dalam Bahasa Jawa intip berarti kerak nasi, yaitu bahan utama jajanan ini. Jajanan ini dibuat dengan cara dicetak melingkar menyerupai mangkuk besar dan digoreng. Rasa manis dari jajanan ini berasal dari saus karamel yang dituang di atasnya secara merata. Untuk soal harga, jajanan ini dibanderol dengan harga yang relatif murah, yaitu hanya Rp 20.000 setiap bungkusnya.

Rambak petis

Oleh-oleh khas Solo ini adalah kerupuk yang terbuat dari kulit kerbau atau sapi yang dikeringkan. Karena termasuk ke dalam kerupuk maka teksturnya pun renyah dan gurih. Berbeda dengan kerupuk lainnya, kerupuk rambak ini dinikmati dengan mencocolkannya ke saus petis, sehingga kerupuk ini menjadi daya tarik tersendiri. Jika ingin membeli kerupuk ini, bisa datang ke daerah Jagalan. Rentang harga yang ditawarkan mulai dari Rp 12.000 – Rp. 50.000 tergantung pada berat yang diinginkan.

Ampyang

Jajanan manis solo selain intip adalah ampyang. Terbuat dari kacang tanah yang kemudian dicampur dengan gula Jawa yang telah dilelehkan menjadikan jajanan ini memiliki rasa manis yang alami. Jika dilihat secara kasat mata memang akan sangat tebal namun tenang saja, jajanan ini tidak keras sama sekali. Justru karena menggunakan lelehan gula Jawa asli, jajanan ini akan renyah ketika dimakan. Harganya juga termasuk sangat murah yaitu hanya berkisar Rp 4.000 untuk tiap bijinya.

Serabi Notosuman

jajanan khas solo jawa tengah

Jajanan yang satu ini memang bisa ditemukan di setiap daerah di pulau Jawa. Akan tetapi cita rasanya yang manis dan khas menjadikan serabi ini kue khas Solo Jawa Tengah. Terlebih lagi dengan berbagai topping yang disediakan, mulai dari rasa original, keju hingga coklat. Harganya pun juga sangat ramah dikantong, yaitu Rp 2.000 saja per bijinya.

Serbat Jahe Solo

jajanan khas solo jawa tengah

Serbat jahe merupakan minuman tradisional dari Solo yang terbuat dari Jahe dan campuran rempah-rempah lain. Hampir sama seperti wedang jahe memang, namun yang membuat unik adalah minuman tradisional ini dijual dalam bentul kemasan tablet, sehingga akan mudah diracik dimana pun dan kapan pun. Rasa hangat yang ditimbulkan membuat minuman ini sangat cocok dinikmati malam hari selagi masih hangat. Harganya mulai dari Rp 35.000 per pack.

Roti Mandarin

jajanan khas solo jawa tengah

Jika dilihat secara kasat mata roti ini memang sekilas mirip dengan kue lapis dari Surabaya. Meskipun begitu, rasanya juga tetap tidak kalah dengan kue dari Surabaya itu. Kue ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur roti yang lembut menjadikan jajanan khas Solo Jawa Tengah ramai diburu oleh wisatawan dengan harga mulai dari Rp 75. 000. Bagi kamu yang ingin beli roti Mandarin bisa langsung saja berkunjung ke toko roti Orion legendaris yang ada di Jalan Jend. Urip Sumoharjo No.80, Purwodiningratan, Kota Surakarta.

Bakpia Balong

jajanan khas solo jawa tengah

Selain di kota Yogyakarta yang terkenal dengan bakpia patoknya, Solo juga mempunyai bakpia yang khas yaitu Bakpia Balong. Hampir sama seperti bakpia yang memiliki berbagai jenis rasa, bakpia balong juga hadir dengan berbagai pilihan rasa mulai dari coklat, keju, kacang hitam, kacang hijau, dan lainnya. Di Solo, bakpia ini bisa ditemukan di Jalan Kapten Mulyadi No.17, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Kota Surakarta,. Harganya berkisar dari Rp 20.000-an saja per kotaknya.

Solo Prabu

jajanan khas solo jawa tengah

Selain Solo Pluffy, juga ada kue kekinian khas Solo yaitu Solo Prabu. Kue ini hadir dalam bentuk pastry yang unik. Kue ini juga memiliki banyak sekali pilihan rasa yang beragam mulai dari Bima Greentea, Arjuna Blueberry, Yudhistira O’Cheese, Nakula Chocolate hingga Sadewo Taro menjadikan jajanan khas Solo Jawa Tengah ramai diburu. Harganya mulai dari Rp 40.000 sampai Rp 60.000 per kotaknya. Kamu bisa temukan dengan berkunjung langsung ke Jalan Honggowongso No.49, Kemlayan, Kota Surakarta.

Demikianlah jajanan khas Solo Jawa Tengah yang bisa dijadikan referensi jika kamu sedang liburan di kota Solo.

Write A Comment