jawa Panduan traveling Tempat makan

Cemilan Khas Solo Untuk Buah Tangan

Kota Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik perhatian para wisatawan, khususnya wisata keraton Solonya. Akan tetapi selain tempat wisata yang banyak dan sering diminati Solo juga terkenal dengan berbagai macam makanan khasnya.

Banyak sekali cemilan khas Solo ataupun tempat makan di solo yang menjadi primadona dan langganan wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh khas Solo. Mulai dari cemilan yang rasanya manis, gurih, asin, hingga pedas. Lalu apa saja cemilan khas Solo tersebut?

Ini dia daftar cemilan khas Solo yang terkenal

Kremes Sari Ayam

kremesan sari ayam

Oleh-oleh dari Solo yang satu ini juga tidak kalah menarik dan terkenal dari oleh-oleh khas Solo lainnya. Jika kamu sudah pernah ke Solo, ada rumah makan terkenal di Solo bernama Rumah Makan Malioboro yang berlokasi di Jalan Raya Solo Baru No AB 1. Kenapa rumah makan ini bisa sangat terkenal? Karena ada menu ayam kremesnya yang melegenda.

Kremesan ayamnya terbuat dari rebusan sari ayam atau kaldu ayam dengan tambahan resep tradisional tempo dulu. Kremesan ayam ini sudah pasti renyah, enak dan gurih. Uniknya, kremes ayam ini dikemas dalam bentuk toples kedap udara. Harganya hanya 24 ribu untuk berat 180 gram menjadikan ayam kremes ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Solovely

solovely

Selanjutnya ada cemilan khas Solo enak yang dimiliki oleh pasangan artis Natasha Rizki dan Desta. Cemilan ini lebih kepada kue puff pastry yang jarang ditemui dengan berbagai pilihan rasa. Mulai dari lemon, coklat, strawberry hingga apple cinnamon. Selain itu pasangan ini juga mengeluarkan menu baru dengan nama serabi cup.

Hal ini merupakan inovasi dari cemilan khas Solo yaitu serabi hanya saja dibuat seperti cup cake. Dijual dalam box berisi 6 buah dengan berbagai pilihan rasa mulai dari pandan, oreo, keju, coklat, durian, hingga Nangka. Untuk Solovely dijual seharga 55 ribu per loyangnya dan 35 ribu untuk satu boc serabi cup. Solovely ini bisa dijumpai di Jl. Bhayangkara No.80 Tipes, Serengan, Solo.

Ampyang

ampyang

Cemilan khas Solo yang satu ini memiliki rasa yang manis karena bahan utamanya hanya gula jawa dan kacang tanah. Sehingga camilan ini sangat cocok untuk yang menyukai rasa manis. Proses pembuatannya, kacang tanah disangrai terlebih dahulu kemudian dicampur dengan lelehan gula Jawa. Ada juga yang menambahkan jahe agar memiliki rasa hangat di dalamnya.

Selanjutnya adonan tersebut akan dicetak berbentuk bulat dan didiamkan hingga mengering. Hasilnya akan seperti chocochips hanya saja terbuat dari kacang dan gula Jawa. Kamu tidak perlu khawatir dengan rasa manisnya yang mungkin bisa menyebabkan sakit tenggorokan, karena ampyang ini menggunakan gula jawa asli sehingga tetap aman. Harga untuk satu bijinya hanya 3 ribu sampai 4 ribu saja.

Solo Pluffy

solo pluffy

Selanjutnya ada cemilan khas Solo kekinian yang sedang ngetrend yaitu Solo Pluffy. Cemilan yang satu ini hadir dalam bentuk roti kekinian dengan banyak varian rasa yang menarik dengan rasa yang dominan manis. Sehingga camilan ini cocok untuk kamu yang menyukai rasa manis dari roti.

Cemilan ini juga dikemas dengan kotak yang menarik dan tebal sehingga cocok dan aman jika dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Harganya sekitar 46 ribu sampai 65 ribu per kotaknya. Kamu bisa mendapatkannya di toko Solo Pluffy yang beralamat di Jalan Ronggowarsito No.145, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

Abon Mesran

abon mesran

Jika tadi sudah ada camilan dengan cita rasa manis, maka ada abon Mesran yang memiliki cita rasa asin dan gurih. Hampir sama dengan abon pada umumnya yang terbuat dari daging sapi, abon Mesran ini juga terbuat dari daging ayam. Abon ini memiliki varian rasa pedas dan manis yang khas.

Abon Mesran ini biasanya dikemas dalam bentuk plastik atau wadah stoples yang jauh lebih aman dan kedap udara, sehingga cocok untuk dibawa kemana saja sebagai oleh-oleh. Cemilan abon ini bisa dinikmati baik tanpa makanan tambahan atau dengan nasi hangat. Dibanderol dengan harga mulai dari 40 ribu sampai 70 ribu dan bisa kamu dapatkan di Jalan Kalilarangan No 71, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta.

Sosis Solo

sosis solo

Sama dengan namanya, cemilan yang satu ini khas berasal dari Kota Solo. Cemilan ini terbuat dari telur dadar dengan campuran tepung yang kemudian diisi dengan daging atau ayam giling kemudian digoreng. Cemilan ini cocok untuk dinikmati dengan cabai atau saus sambal selagi hangat. Biasanya sering dijual di pinggir jalan atau pasar-pasar tradisional. Karena dijual di pinggir jalan, maka pengemasannya pun hanya dalam plastik kresek yang kurang ramah lingkungan. Cemilan khas Solo murah ini hanya dibanderol sekitar 3 ribu saja.

Onde-Onde

onde onde

Cemilan manis yang satu ini juga cukup diminati oleh para wisatawan sebagai oleh-oleh khas dari kota Solo. Berbeda dengan onde-onde yang banyak ditemukan di daerah lain, camilan khas ini bentuknya lebih kecil dengan kulit onde-onde yang lebih tebal. Karena ukurannya yang kecil, onde-onde ini bisa dimakan hanya dengan sekali lahap saja. Biasanya dijual dalam bentuk box dengan harga mulai 20 ribuan per boxnya.

Solo Floss Roll

solo flash roll

Selain Solovely yang menjadi cemilan kekinian khas Solo, ada juga Solo Floss Roll yang merupakan perpaduan atau inovasi baru dari abon dengan roti. Sesuai dengan namanya yaitu roll, jadi cemilan ini adalah roti yang digulung dengan isian abon yang gurih dan manis. Sehingga rasa gurih dan manis dari abon dipadukan dengan roti yang lembut dan empuk menjadikan cemilan khas Solo ramai diburu oleh wisatawan.

Cemilan ini memiliki varian rasa abon ayam, sapi original, dan sapi pedas. Harga yang ditawarkan berkisar 49 sampai 59 ribu. Solo Floss Roll ini bisa ditemukan di jalan Perikesit Utara no 13, Pajang, Laweyan, Solo.

Roti Kecik

roti kecik

Kemudian ada roti kecik sebagai salah satu camilan khas dari kota Solo. Cemilan ini memiliki rasa yang gurih dan manis. Bahan utamanya terbuat dari tepung ketan kemudian dibentuk memanjang. Roti kecik ini hampir mirip dengan roti kering sehingga daya tahannya juga bisa bertahan lama.

Selain itu, pengemasannya juga dalam bentuk plastik kedap udara, sehingga roti tidak akan mudah basi atau mengeras. Untuk 90 gramnya roti kecik ini dijual dengan harga Rp 13.000 dan bisa kamu temukan di toko Roti Ganep yang beralamat di Jalan Sutan Syahrir No.176, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

Serabi Khas Solo

serabi khas solo

Serabi bisa ditemui hampir di semua daerah, biasanya dijual di pasar-pasar tradisional. Namun ada serabi yang khas yaitu berasal dari Solo. Serabi ini mirip dengan serabi pada umumnya yang terbuat dari santan dan tepung beras. Proses pembuatannya, kedua bahan tersebut dibuat adonan dan dimasak menggunakan cetakan berbentuk bulat.

Uniknya serabi ini tidak dimasak dengan api melainkan arang yang membuat cita rasanya semakin enak. Varian rasanya yang populer ada rasa original dan coklat. Harganya sangat murah yaitu 2 ribu saja untuk tiap serabi. Serabi ini bisa ditemukan di jalan Mohammad Yamin no 28 Solo.

Sambel Kering Solo

cemilan khas solo sambel kering solo

Salah satu oleh-oleh yang sering dicari wisatawan adalah sambel kering. Sambel kering ini bisa dimakan sebagai cemilan atau taburan untuk nasi hangat. Sambal kering ini memiliki banyak pilihan mulai dari sambal kering ikan asin hingga sambal kering pindang tongkol. Sambal kering ini dibanderol dengan harga sekitar 25 ribu, biasanya dikemas dalam bentuk botol yang kedap udara, sehingga akan lebih tahan lama.

Emping Mlinjo khas Solo

cemilan khas solo emping mlinjo solo

Emping mlinjo bisa dikatakan sebagai kerupuk juga, karena teksturnya yang gurih dan renyah. Rasanya yang khas membuat orang ketagihan dengan cemilan khas Solo Jawa Tengah ini. Selain untuk cemilan, emping mlinjo juga bisa dimakan dengan nasi goreng atau nasi gurih. Emping mlinjo ini dijual dengan ukuran kemasan yang berbeda-beda. Pada umumnya, harganya dijual sekitar 5 ribu hingga 25 ribu. Namun, jika ingin membeli dalam jumlah banyak, emping mlinjo juga dijual dalam bentuk kiloan.

Pie Susu Daku

cemilan khas solo pie susu daku

Selain Bali dengan pie susunya yang khas, kota Solo juga memiliki Pie Susu Daku namanya. Pie susu ini dikemas dan dijual dalam bentuk box yang berisi 18 buah tiap boxnya. Pie ini juga dikemas dengan ukuran kecil yang bisa dimakan dalam sekali lahap. Harga pie susu daku ini kurang lebih 28 ribu per boxnya.

Varian rasa yang ditawarkan ada original, coklat, keju, tiramisu, ovomaltine, dan greentea. Pie susu daku ini bisa ditemukan di daerah perumahan Proyek Bengawan Solo no 15 Pabelan, Kartasura, Solo.

Rambak petis

cemilan khas solo rambak petis

Siapa yang tidak kenal dengan kerupuk rambak? Kerupuk yang terbuat dari kulit sapi ini menjadi salah satu cemilan khas Solo terkenal. Cemilan ini memiliki rasa yang gurih dan renyah, sehingga akan sangat cocok untuk kamu yang menyukai cemilan semacam kerupuk. Berbeda dengan rambak biasa, rambak khas Solo ini dilengkapi dengan petis, yaitu saus berwarna hitam dengan rasanya yang khas.

Sama seperti kerupuk-kerupuk pada umumnya, kerupuk rambak petis ini bisa dimakan sebagai cemilan atau berdampingan dengan makanan berat seperti nasi rames, dll. Rambak petis ini bisa dijumpai di daerah Jagalan Solo. Dibanderol dengan harga mulai dari 12 ribu sampai 50 ribu, tergantung pada berat gram yang diinginkan. Selain itu kerupuk ini juga bisa dibeli dalam bentuk yang masih mentah.

Brem

cemilan khas solo

Siapa yang tidak menganal cemilan brem? Makanan tradisional ini bisa ditemukan di berbagai kota, namun dengan ciri khasnya masing-masing tentunya. Brem menjadi salah satu cemilan khas kota Solo juga yang diminati untuk oleh-oleh. Secara kasat mata, brem khas Solo memang memiliki warna yang sama dengan brem pada umumnya. Namun, soal cita rasa, brem Solo dianggap yang unggul jika dibandingkan dengan yang lain.

Berbeda dengan brem biasa yang berbentuk kotak memanjang, brem Solo memiliki ciri khas berbentuk bulat dan padat. Bahan utama yang digunakan juga sama dengan brem lainnya yaitu peragian tape. Brem Solo ini biasa dibanderol dengan harga 11 ribu saja.

Itulah beberapa cemilan khas Solo yang bisa kamu temukan dan jadikan oleh-oleh jika sedang berkunjung ke kota Solo. Semoga bermanfaat ya.

Write A Comment