kalimantan

Kalimantan merupakan pulau terbesar kedua di Indonesia yang juga dinobatkan sebagai peringkat ketiga pulau terbesar dunia. Luasnya mencapai 744.330 Km persegi, selain menjadi bagian dari Indonesia sebagian wilayah lainnya diakui oleh Brunei dan Malaysia.

kalimantan

Sedikit histori tentang Kalimantan

Ada banyak keistimewaan dari pulau ini termasuk lima provinsi yang melingkupinya, Kalsel dengan jantung kota Banjarmasin. Kaltim beribukota di Samarinda, Kalut yang memiliki Tanjung Selor, Kalbar di Pontianak dan juga Kalteng dengan pusat pemerintahan di Palangkaraya.

Semua provinsi bersatu padu membentuk Pulau Kalimantan atau yang dahulu lebih dikenal dengan nama Borneo. Sebagian besar warga lokal merupakan Suku Dayak tapi seiring berjalannya waktu masuklah etnis Melayu, Banjar, Paser dan Kutai.

Bahasa yang digunakan masyarakat mayoritas bahasa Indonesia, tapi di beberapa kawasan seperti di Banjarmasin penduduk lokal lebih nyaman menggunakan bahasa Banjar. Sementara ketika mengunjungi Kalbar, kita akan disambut dengan penggunaan bahasa Melayu yang kental.

Pengaruh Suku Dayak sangat pesat bisa dilihat dari banyaknya sentuhan Dayak yang bisa ditemukan di berbagai sudut. Salah satunya Desa Lopus yang menjadi lingkungan asli Suku Dayak. Lingkungan ini menjadi salah satu objek wisata populer yang berhasil menarik ribuan turis mancanegara.

Karena diapit oleh Pulau Jawa, Pulau Sulawesi dan Filipina potensi alam yang berkembang di sini sangat pesat. Ada banyak kawasan wisata alam dan bahari yang sangat populer, seperti Pantai Melawai, Goa Losan, Danau Sentarum hingga Taman Nasional Tanjung Puting yang aksesnya di Kalimantan Tengah.

Semua provinsi memang dibekali dengan potensi kekayaan alam yang besar. Secara geografi, pulau ini memiliki Gunung Kinabalu sebagai gunung tertinggi atau Sungai Kapuas sebagai sungai terpanjang. Saat traveling ke bagian dalam pulau, kita akan menemukan banyak habitat alam khas pulau seperti gajah Borneo, orang utan, badak Borneo, tapir dan lainnya.

Dengan populasi 5,6% dari total WNI, pulau ini berhasil memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap sumber daya alam nasional. Berbanding terbalik dengan pulau lain yang kontribusinya tidak sebesar jumlah penduduknya. Dan hasil kekayaan utama yang bisa ditemukan dengan mudah di pulau ini adalah intan.