6 Fakta dan Asal Usul Seblak, Sudah Tahu Belum?

1 min read

Asal usul seblak

Siapa sih yang tidak kenal dengan Seblak? Salah satu kuliner yang mendadak hits tahun 2000an ini masih banyak diminati hingga saat ini. Bahkan, anda yang gemar akan kuliner pedas ini juga harus tahu fakta dan asal usul seblak loh! Kenapa? Sebab, asal usul seblak ini ternyata menarik untuk kita ketahui. Lantas, apa saja sih fakta dan asal usul seblak?

Sudah Ada Semenjak Zaman Penjajahan

Sejarah negara kita tentang zaman penjajahan amatlah kelam. Ada banyak pengorbanan dan rakyat yang menderita. Perjuangan para pahlawan yang berusaha mati-matian untuk mendapatkan kemerdekaan ini tidak akan bisa kita tebus dengan uang. Ternyata, seblak juga menjadi salah satu kuliner Nusantara yang menjadi saksi perjuangan bangsa kala itu. Banyak pakar yang mengatakan jika asal usul seblak sudah ada semenjak zaman penjajahan. Dan tentu saja kuliner ini memang sudah memiliki citra rasa pedas dari dahulu.

Asal Usul Seblak Dari Namanya

Pernah penasaran tidak kenapa namanya seblak? Apa sih maknanya? Nah, setelah mimin cari tahu asal usul seblak ini, terkuak lah arti dari nama tersebut. Seblak ini terdiri dari dua kata yakni segak dan nyegak. Kedua kata tersebut berasal dari bahasa Sunda, artinya kurang lebih adalah makanan yang menyengat. Karena memang makanan ini memiliki citra rasa pedas yang luar biasa dan juga aroma kencur yang menyengat, khas banget pokoknya!

Cara Untuk Menyelamatkan Kerupuk Sisa!

Hal yang sedikit mencengangkan dari asal usul seblak ini adalah tujuan dari pembuatan kuliner ini. Dahulu, kabarnya seblak sendiri dibuat agar sisa kerupuk bisa dimakan tanpa harus dibuang-buang. Inilah mengapa orang-orang mencari cara agar bisa mengolah kerupuk tersebut menjadi jajanan menarik dan tetap lezat. 

Namun, dengan perkembangan zaman ternyata seblak ini semakin berkembang. Dan sekarang memang sengaja dibuat dengan olahan kerupuk kenyal yang masih dalam keadaan mentah. Nantinya, anda bisa mencampurkan tumisan bumbu dengan aroma kencur yang khas. Jangankan langsung mencoba rasanya. Anda yang mencium aromanya saja sudah pasti langsung ketagihan. Dan tentu saja, kerupuk ini nantinya akan ditambahkan dengan bumbu yang sudah anda tumis tersebut.

Asalnya Dari Jawa Barat

Banyak yang mengetahui jika Seblak adalah makanan khas Sunda yang berasal dari Jawa Barat. Sayangnya, ada fakta lain tentang seblak yang menyatakan hal berbeda. Kabarnya seblak atau makanan mirip seblak ini sudah ada semenjak tahun 1940an pada kawasan Sumpiuh, Banyumas, Jawa Tengah.

Sayangnya, ada salah satu perbedaan menonjol dari dua jenis seblak Jawa Barat dan Jawa Tengah ini. Jika mengacu dari sumber yang terpercaya, seblak yang ada di Sumpiuh itu menggunakan kerupuk godok. Kerupuk yang mereka gunakan kala itu memang direbus alias digodok bukan digoreng layaknya kerupuk seblak sekarang.

Bumbu Adalah Kunci!

Banyak yang salah kaprah mengartikan jika kerupuk kenyal dan bakso aci adalah bagian penting dari seblak. Ternyata, setelah anda mencari tahu asal usul seblak, sebenarnya yang paling penting adalah bumbu yang ditumis tersebut. Bumbu seblak kaya akan rempah pilihan dan aroma kencur khas tajam ini adalah kunci kelezatan makanan ini.

Varian Beragam

Terlepas dari asal usul seblak pertama kali. Sekarang ada banyak pedagang seblak yang mulai berinovasi. Ada banyak varian berbeda untuk anda cicipi. Ada banyak topping baru selain bakso aci dan kerupuk kenyal. Lezat deh pokoknya!

Baca Juga : Tidak Hanya Pancake, Ini Dia 7 Olahan Durian Kekinian Yang Lezat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.